Renovasi Rumah

Posted on Jun 30 , 2011 in Arsitektur & Artikel & Minimalis & Residential |

Apa yang harus diperhatikan dari rumah semen?

2 Comments

Rumah semen sangat popular di kalangan keluarga muda, selain menjadi unik, biaya pembuatannya juga bisa dibuat lebih murah dari rumah konvensional. Berikut pernak pernik mengenai rumah semen.

1. Apa itu rumah semen ?
Rumah semen adalah sebuah sebutan pada sebuah rumah yang menggunakan bahan dasar dan finishing semen secara dominan. Mulai dari pembuatan fondasi, sloof, balok, hingga percantikan dinding, lantai, plafon. Di rumah tersebut, unsur kreativitas dalam mengolah semen terlihat sangat menonjol.

2. Semen terbuat dari bahan apa saja? Bagaimana prosesnya?
Bahan baku semen terdiri dari dua bahan utama. Batu kapur yang mengandung kalsium karbonat dan tanah lempung yang banyak mengandung silica—sejenis mineral berbentuk pasir. Selain dua bahan tersebut, masih ada lagi bahan alumunium oksida dan oksida besi.
Seluruh bahan tersebut dicampur dihaluskan dan dipanaskan pada suhu tinggi, sehingga menghasilkan bahan campuran padat yang mengandung zat besi. Agar tak mengeras seperti batu, adonan bahan tersebut di beri bubuk gips dan dihaluskan hingga ber bentuk partikel-partikel kecil mirip bedak. dari sinilah senen siap digunakan.

3. Apakah semen bisa berdiri sendiri tanpa ada campuran bahan lain?
Untuk mencapai kekuatan tertentu, semen tidak dapat berdiri sendiri. Semen perlu di campur dengan bahan lain. Jika semen bertemu air,tanpa ada bahan lain,akan menghasilkan reaksi kimia. Semen jadi sekeras batu.
Lain lagi jika adonan semen dan air ditambah pasir yang menghasilkan tembok yang kuat dan kokoh. Untuk kontruksi rumah (pondai,sloof, dan ring balk) adonan semen, air,dan pasir,perlu d campur dengan bongkahan batu atau krikil (split). Campuran tersebut menghasilkan bahan yang kuat dan kaku, atu biasa disebut dengan bahan beton (concrete).

Di pasaran, ada berapa jenis semen?
Secara umum, semen terbagi dua kategori. Pertama, semen konvensional atu jga disebut dengan semen portland. Semen portland sering di gunakan untuk kontruksi bangunn, termasuk rumah. Bahan baku semen secara umum terdiri dari kapur,pasir, (siliks), besi oksida (biji besi), dan alumina (tanah liat).
Biasanya produsen semen membuat klasifikasi jenis semen sendiri, tergantung tujuan dan rencana kebutuhan pembangunan dipasaran. Setiap jenis yang di keluarkan produsen tertentu, pasti berbeda dengan produsen lain,tetap ada ciri khasnya.
Kedua, semen instan yang merupakan pengembangan dari semen biasa. Bahan baku semen tersebut terdiri dari bahan dasar semen, pasir silika, bahan ditif, dan filler yang tercampur secara merata (homogen). Komposisi bahan ini membuat semen cepat jadi dan siap di gunakan.

4. Apa kegunaan semen portland dan semen instan?
Semen portld dapat di gunakan untuk kontruksi bangunan umum, seperti rumah, gedung bertingkat, jembatan, jalan dan bandara. Semen portlan juga berfungsi sebagai bahan baku utama pembuatan beton pra cetak, beton pratekan, paving block, dan sebagainya.
Sementara itu, kegunaan semen instan tidak seluas semen portland. Semen instan dapat d aplikasikan untuk finishing interior seperti plesteran dan acian dinding, dinding dengan pola garis, termasuk pemasangan kramik pada dinding dan lantai, serta pengisi nat. Untuk pembuatan kontruksi(fondasi,sloof, dan balok).umumnya semen instan tidak direkomendasikan.

5. Bolehkah mengkombinasi semen dengan bahan lain?
Boleh saja. Tidak ada syarat kusus memadupadan semen dengan bahan lain. Biasanya memadu padan semen dengan bahan laen seperti , seperti kayu, baja, atau fiber, membuat ruangan tidak hanya tampil cantik, namun juga berkarakter.

6. Apa problem aplikasi semen untuk struktur rumah?
Macam macam, mulai dari kontruksi, finishing, hingga takaran semen sebelum diaplikasikan. Umumnya problem di pengaruhi oleh kondisi exsisting, teknik menakar dan mencampur semen, hingga kekeliruan saat pelaksanaan pembangunan.

7.kenapa balok pengaku (ringbalk) melengkung?
Penyebabnya ada tiga. Pertama, jarak bentang rigbalk terlalu lebar dan dimensi balok terlalu kecil. Kedua, beban rangka atap atau pelat lantai yang di pikul balok atas terlalu besar. Ketiga, pengerjaan kontruksi yang salah. Campuran beton yang tidak berimbang maupun jarak sengkang(pengunci tulangan) bajayang terlalu lebar atau tidak sesuai perhitungan.

8. Bagai mana mengatasi balok melengkung?
Anda perlu membuat balok baru pada bagian bawah balok (ringbalk) . Hal itu bertujuan agar kolom mampu memnper kecil jarak bentang yang terlalu lebar. Setelah itu beri injeksi semen, terutam jika balok tida mengalami keretakan yang cukup parah. Tujuan injeksi adalah mencegah korosi pada tulangan baja dalam balok. Jika balok rusak parah dan tidak mampu menjalankan fungsinya lagi, anda perlu memperbaiki dan memper besar dimensi ringbalk dengan perkuatan bagian luar.

9.Apa yang dimaksud dinding retak rambut? Apa penyebabnya?
Retak rambut merupakanjenis retak pada dinding dengan lebar kurang dari .1mm.Biasanya retak terjadi pada lapisan utama dinding, seperti plesteran, acian , dan cat tembok. Retakan tersebut tidak mencapai struktur dinding, sehingga tidak membahayakan jiwa.Meski begitu, retakan dapat menggangu tampilan dinding rumah.Penyebab retak rambut antra lain, acian terlalu tipis. Pengerjaan acian di lakukan saat kondisi plesteran belum mengering. Kualitas dan takaran kurang tepat.Retakan pada lapisan permukaan cat dinding, di sebabkan rendahnya nilai elastisitas material cat, sehingga ketika mengering lapisan cat tersebut tidak terikat dengan sempurna.

10.Bagai mana mengatasi dinding retak rambut?
Anda perlu memeriksa kedalaman retakan dinding. Hal itu bertujuan untuk mengetahui dampak retakan. Jika retakan hanya mencapai lapisan acian, anda dapat memper baikinya sendiri.Ada dua langkah praktis. Langkah pertama anda perlu membersihkan dinding retak yang terkena lapisan cat dan debu yang menempel. Gunakanlah scrap. Setelah itu, anda dapat menutup celah dengan wll sealer, atau semen instan. Langkah kedua setelah retakan tertutup, anda dapat melakukan pengecatan ulang dengan warna yang anda kehendaki. Sebagai langkah alternatif, anda juga dapat menutup retak rambut dengan plamir hasil campuran milk Semacam kalsium) dan lem bangunan. Seluruh bahan tersebut di campur secara manual hingga menjadi adonan yang siap di gunakan untuk menutup retak dinding.

11.Apakah dinding retak rambut bia di cegah?
Tentu bisa. Untuk mencegah dinding retak, anda perlu membasahi permukaan plesteran dengan air hingga lembab. Air dapat menetralkan panas yang terperangkap di dinding. Cara lainya, anda dapat mengunakan adonan yang terbuat dari plamir milk, dan le bangunan.

Salam

Rekaciptadesign.com, Jl Cempaka Putih tengah XII no 14 Jakarta 10510 | Telp & Fax 021-4246642 | Wisnu (081314151660) | YM : rekaciptaamerta, FB : facebook.com/rekacipta, Twitter : @JasaArsitek

→ “ Apa yang harus diperhatikan dari rumah semen? ”


  1. aan meilana kusuma

    1

    boleh tanya lebih lanjut, mengenai rumah semen.
    Apa maksud rumah semen?
    Mengapa biaya bisa lebih murah?

  2. Salam…
    Kami dari usaha karya menawarkan jasa pengerjaan pondasi dengan cara bor pile ataupun strauss pile
    Dengan tenaga berpengalaman serta harga yang kompetitif kami siap bekerjasama dengan anda

    Supriyadi
    Tlp 081210458104
    Email supriyadi157@gmail.com


Contact Us

Ingin bertanya dan konsultasi..? Jangan sungkan hubuni kami :
rekaciptaamerta@yahoo.com

Rekacipta Amarta

Jl Cempaka Putih tengah XVII no 14 , Jakarta 10510

Phone : 021-4246642 Wisnu (081314151660) Dedi (08129169772)

FAX : 021-4246642